Jatipuro.net

SITUS VIRTUAL KOMUNITAS WARGA JATIPURO

MBESAN

Mbesan atau besanan adalah acara mengantar mempelai laki-laki ke ru-mah mempelai wanita atau sebaliknya,tradisi mbesan ini masih melekat dalam kebudayaan jawa sampai sekarang.

bila merujuk dalam tradisi jawa, orang mbesan itu membawa berbagai macam keperluan untuk keluarga pengantin perempuan. Mulai dari uang,perhiasan,kebutuhan make up,pakaian untuk seserahan ada juga yang membawa kebutahan rumah tangga furniture seperti lemari,kursi,buffet juga ditambah panganan tradisional berupa jenang, wajik, ketan, lan jajanan pasar yang dibungkus dengan wadah khusus.

Tak cuma itu, dalam tradisi mbesan, pihak laki-laki semestinya juga membawa berbagai sayur-sayuran, dan buah-buahan secukupnya.
Berbagai hal yang harus dibawa itu masih harus ditambah dengan kelapa yang dipikul atau lebih dikenal dengan gotongan, padi,kambing atau ayam jago.

Rombongan besan terdiri dari sanak kerabat,warga sekitar, perangkat desa, Karang Taruna dan tokoh masyarakat Desa yang jumlahnya di sesuaikan dengan kebutuhan atau tempat mempelai bisa berjumlah 100 -300 bahkan bisa lebih dari 500 orang menggunakan armada bus yang sudah di persiapkan yang punya khajat selain yang membawa kendaraan sendiri.

Tradisi mbesan memang masih berjalan khususnya di wilayah Jatipuro tetapi ritual mbesan dan ubo rampe mungkin sudah bergeser menyesuaikan dengan perkembangan jaman jumlah pembesan pun lebih sedikit,warga sudah menggantinya dengan amplop yang berisi uang banyak sebagai pengganti barang-barang dan kehadiran pembesan tersebut. Padahal, arti serta makna dari berbagai barang yang dibawa tidak sekedar mengirim atau memberi. Melainkan keluarga ikut meramaikan dan menunjukan guyub rukun kepada keluarga calon besan.

Seiring perkembangan jaman tradisi mbesan akankah terus berjalan ataukah hilang tertelan jaman…..entahlah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: